BEST PRACTICE


MEMBINA GURU DAN REKAN SEJAWAT
DALAM PROGRAM BERMUTU

Oleh : Engkar Karnati, S.Pd.
(KKG II Ujungjaya)

             Saya adalah seorang guru yang diangkat pada tanggal 1 Desember 2002. Sekarang saya bertugas sebagai tenaga pengajar di SDN Palasari Kecamatan Ujungjaya Kabupaten Sumedang. Walaupun dengan jumlah siswa yang relatif sedikit jika dibandingkan dengan sekolah-sekolah lain di Kecamatan Ujungjaya, namun kondisi seperti itu tidak menyurutkan keinginan dan cita-cita saya untuk terus mengangkat nama baik sekolah dan meningkatkan mutu pendidikan di SDN Palasari. Sebagai mitra kerja yang baik, kami semua guru yang bertugas di SDN Palasari, beserta kepala sekolah dan komite sekolah, secara kolaborasi bekerja sama dalam membangun SDN Palasari.

            Pengembangan karier saya dalam bidang organisasi kependidikan berawal sejak dilaksanakannya Program Bermutu yang merupakan program pemerintah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan melalui peningkatan kompetensi dan kinerja guru. Sejak saat itu, saya ditunjuk menjadi salah seorang guru pemandu yang dilantik pada tahun 2010. Alangkah berat memang tugas dan kewajiban saya yang harus memandu dan membimbing semua guru peserta yang menjadi anggota program Bermutu di wilayah kerja KKG II Kecamatan Ujungjaya. Dapat dibayangkan, saya sebagai seorang guru yunior yang baru beberapa tahun diangkat sebagai guru, harus membimbing rekan-rekan sejawat saya yang sudah senior bahkan sudah memiliki pengalaman yang lebih luas jika dibanding dengan saya.

            Tetapi walaupun dalam kondisi seperti itu, semangat saya tidak lantas memudar, saya tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk terus berupaya meningkatkan kinerja saya sebagai seorang guru pemandu yang berkewajiban untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja guru-guru peserta program Bermutu agar memiliki kompetensi dan kinerja yang profesional sesuai dengan tuntutan program Bermutu.

            Keberadaan program Bermutu jelas telah mengubah cara kerja saya dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah. Dengan adanya pertemuan rutin di KKG sangat menunjang terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah. Berbagai materi pembelajaran yang diterapkan di KKG sangat relevan dengan kebutuhan guru sebagai tenaga profesional yang harus memiliki kompetensi, baik kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial.

Berbagai pelatihan yang diberikan di KKG yang berkaitan dengan kompetensi pedagogik antara lain:

  1. Keterampilan menginterupsi kurikulum dan silabus pembelajaran.
  2. Keterampilan menyusun perencanaan pembelajaran (RPP).
  3. Keterampilan menentukan kirteria ketuntasan minimal.
  4. Keterampilan menganalisis butir soal.
  5. Keterampilan menyusun kisi-kisi dan naskah soal untuk kegiatan evaluasi.
  6. Keterampilan memilih dan menggunakan model-model pembelajaran.

Sedangkan pelatihan yang berkaitan dengan kompetensi professional, antara lain:

  1. Keterampilan melakukan kajian kritis terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
  2. Keterampilan mengidentifikasi masalah.
  3. Keterampilan merencanakan tindakan perbaikan pembelajaran.
  4. Keterampilan menyusun proposal penelitian tindakan kelas.
  5. Keterampilan melaksanakan tindakan perbaikan pembelajaran.
  6. Keterampilan menganalisis dan menginterpretasi data.
  7. Keterampilan merefleksi dan menentukan tindak lanjut perbaikan pembelajaran.
  8. Keterampilan menyusun laporan penelitian tindakan kelas.

Selain itu, pelatihan ICT juga diberikan dalam pertemuan rutin di KKG untuk menunjang profesionalisme guru dalam menggunakan dan memanfaatkan teknologi komputer, sehingga guru peserta diharapkan mampu menggunakan dan memanfaatkan teknologi komputer dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah masing-masing. Setiap hari Jumat pukul 14.00 WIB KKG II Ujungjaya mengadakan latihan ICT tambahan bagi semua guru yang berada di wilayah kerja Kecamatan Ujungjaya. Kegiatan ini mendapat dukungan dari semua kepala sekolah serta sumber pembiayaan dari setiap sekolah yang berada di wilayah kerja Kecamatan Ujungjaya.

            Dengan adanya program Bermutu, keberadaan KKG II Ujungjaya telah sejajar dengan seluruh KKG khususnya yang berada di wilayah Kabupaten Sumedang.B ahkan KKG II Ujungjaya merupakan KKG yang pertama dalam menerima sumbangan dana alokasi khusus berupa sarana dan prasaran bangunan dan seluruh fasilitasnya di Kabupaten Sumedang. Sehingga semua fasilitas sangat lengkap dan tersedia di KKG II Ujungjaya.

            Oleh karena itu, pada kegiatan study visit KKG II Ujungjaya merupakan KKG yang mendapatkan kunjungan dari KKG lain yang berada di wilayah Kabupaten Sumedang. Bahkan pelaksanaan rapat koordinasi I KKG seluruh wilayah Kabupaten Sumedang dilaksanakan di KKG Ujungjaya sebagai tuan rumah. Hal ini sungguh membanggakan bagi kami khususnya pengurus KKG II Ujungjaya.

            Kondisi di atas yang telah memotivasi semangat kerja seluruh pengurus KKG II Ujungjaya, khususnya saya sebagai guru pemandu untuk terus berpacu dalam meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan bimbingan dan pelatihan kepada semua guru peserta program Bermutu agar mampu meningkatkan kompetensi dan kinerja guru di lingkungan Kecamatan Ujungjaya. Sehingga harapan akhir dengan meningkatnya kompetensi dan kinerja guru agar berdampak positif pada peningkatan kualitas pembelajaran demi meningkatnya mutu pendidikan di Indonesia pada umumnya.***

Tentang FORUM KKG II SUMEDANG

Hidup di dunia hanya sekali, maka hiasilah dengan hal-hal yang berarti!
Pos ini dipublikasikan di Pendidikan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s