PANDUAN OBSERVASI


PANDUAN OBSERVASI
DI KKG

Tujuan Observasi :

  • Mengidentifikasi pelaksanaan pembelajaran guru di KKG yang dikunjungi
  • Mengidentifikasi fasilitas dan sumber belajar yang diguinakan di KKG yang dikunjungi
  • Mengidentifikasi karakteristik PAKEM
  • Menemukan aspek-aspek/faktor-faktor yang mendukung keberhasilan belajar peserta di KKG

Data yang harus diperoleh dari KKG

Program Kerja

  • Dokumen program KKG
  • Rincian dan langkah-langkah Pelaksanaan Program kerja
  • Rincian hasil pelaksanaan Program kerja

Data yang harus diperoleh dari SD

  • Model-model pembelajaran yang diterapkan di kelas awal
  • Model-model pembelajaran  yang diterapkan di kelas tinggi
  • Inovasi yang telah dilakukan
  • Hasil pembelajaran yang diperoleh
  • Prestasi siswa yang telah diraih
  • Produk-produk pembelajaran yang telah dihasilkan

CATATAN LAPANGAN
OBSERVASI KEGIATAN BELAJAR DI KKG

Nama KKG                              : ……………………………..
Topik yang dibahas              : ……………………………..
Jumlah peserta                      : ……………………………..
Hari/Tgl                                    : ……………………………..

Langkah-langkah pembelajaran Kegiatan Pemandu Kegiatan Peserta Sumber belajar yang digunakan

Panduan wawancara

Nama KKG:
Sumber informasi: Guru  anggota KKG
Pertanyaan:

1. Fasilitas dan sumber belajar apa saja yang dimiliki oleh KKG?
2. Bagaimana cara menyelesaikan tugas-tugas terstruktur yang diberikan oleh pemandu?
3. Apakah ada proses pembimbingan pembuatan proposal PTK di luar tatap muka belajar di KKG?
4. ………………………..
5. …………………………

Jawaban
……………………..
…………………….
……………………..

Panduan observasi pembelajaran SD …………………………………..

Aspek yang diamati

Pengamatan

Ada

Tidak ada

1.    Rencana pembelajaran yang sesuai dengan permen 41
2.    Guru menggunakan variasi metode pembelajaran
3.    Pembelajaran dilakukan secara interaktif
4.    Terdapat variasi pengelolaan siswa
5.    Penggunaan variasi sumber belajar
6.    Hasil karya siswa ditulis dengan kata – kata sendiri
7.    Penggunaan/pembuatan alat peraga yang sesuai
8.    Guru menggunakan berbagai jenis penilaian (proses dan hasil) dan memanfaatkan hasilnya untuk kegiatan tindak lanjut
9.    Guru melayani perbedaan kebutuhan individual siswa
10. Hasil belajar 75 % siswa di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM)
11. Penggunaan sudut baca dan perpustakaan
(dideskrisikan)

INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU
(Kemampuan Merencanakan Pembelajaran
Tematik)
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
2006

NO.

KOMPONEN PERANGKAT PEMBELAJARAN

SKOR

I. Analisis standar kompetensi-kompetensi dasar-indikator 1  2  3  4
II. Penentuan Tema (matrik hubungan SK-KD-Indikator_tema) 1  2  3  4
III, Jaringan Tema (memperlihatkan hubungan KD dengan Tema/KD sesuai Tema) 1  2  3  4
IV Alur Indikator (indikator diurutkan sesuai dengan aktivitas belajar yang dirancang sesuai tema) 1  2  3  4
V. Satuan Kegiatan Mingguan/jadwal pembelajaran tematik 1  2  3  4
VI. Silabus Tematik ( memperlihatkan keterpaduan mata pelajaran yang dikemas dalam satu tema) 1  2  3  4
VII RPP
1 Identitas
2 SK, KD, Indikator 1  2  3  4
3 Perumusan Tujuan Pembelajaran
a. Kejelasan rumusan tujuan 1  2  3  4
b. Kelengkapan cakupan rumusan 1  2  3  4
c. kesesuaian dengan kompetensi dasar 1  2  3  4
4 Pemilihan dan pengorganisasian materi ajar
. a. Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran 1  2  3  4
b. Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik 1  2  3  4
c.Keruntutan dan sistematika materi 1  2  3  4
d. materi dengan alokasi waktu 1  2  3  4
5 Pemilihan sumber belajar/media pembelajaran
a.Kesesuaian sumber belajar/media pembelajaran dengan tujuan pembelajaran 1  2  3  4
b.Kesesuaian sumber belajar/media pembelajaran dengan materi pembelajaran 1  2  3  4
c.Kesesuaian sumber belajar/media pembelajaran dengan karakteristik peserta didik 1  2  3  4
6 Metode pembelajaran
.aKesesuaian strategi dan metode pembelajaran dengan tujuan pembelajaran 1  2  3  4
b.Kesesuaian strategi dan metode pembelajaran dengan materi pembelajaran 1  2  3  4
c.Kesesuaian strategi dan metode pembelajaran dengan karakteristik peserta didik 1  2  3  4
d.Kesesuaian alokasi waktu dengan tahapan pembelajaran 1  2  3  4
7 Langkah-langkah pembelajaran
a. sesuai dengan alur indikator yang akan dicapai 1  2  3  4
b.Kegiatan pembelajaran memeperlihatkan 3 komponen utama sesuai standar proses (eksplorasi, elaborasi, konfirmasi) 1  2  3  4
c. Ada keterkaitan antar mata pelajaran yang dipadukan
8 Penilaian hasil belajar
a.Kesesuaian teknik penilaian dengan tujuan pembelajaran 1  2  3  4
b.Kejelasan prosedur penilaian 1  2  3  4
c.Kelengkapan instrumen (soal, kunci jawaban/pedoman pensekoran) 1  2  3  4
SKOR Total

Komentar Pengamat:

Pengamat: 

Nama

: ……………………………………………………………………….
Jabatan : ……………………………………………………………………….
Alamat Kantor : ………………………………………………………………………. 

……………………………………………………………………….

Alamat Rumah : ………………………………………………………………………. 

……………………………………………………………………….

……………………, …………….

Pengamat,

……………………………………..

NIP

IPKG 2
INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU  Kelas
(Kemampuan Melaksanakan Pembelajaran)
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
2006

NO INDIKATOR/ASPEK YANG DIAMATI

SKOR

I PRAPEMBELAJARAN
1. Kesiapan ruang,  alat pembelajaran, dan media 1  2  3  4
2. Memeriksa kesiapan siswa 1  2  3  4
II MEMBUKA PEMBELAJARAN
1. Melakukan kegiatan apersepsi 1  2  3  4
2. Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan rencana kegiatan 1  2  3  4
III KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN
A. Penguasaan materi pelajaran
1. Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran 1  2  3  4
2. Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan 1  2  3  4
3. Mengintegrasikan kerja ilmiah dalam pembelajaran 1  2  3  4
4. Mengintegrasikan keterampilan dasar laboratorium*) 1  2  3  4
B. Pendekatan/strategi pembelajaran
1. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai 1  2  3  4
2. Melaksanakan pembelajaran secara runtut 1  2  3  4
3. Menguasai kelas 1  2  3  4
4. Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual 1  2  3  4
5. Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect) 1  2  3  4
6. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan 1  2  3  4
C. Pemanfaatan sumber belajar /media pembelajaran
1. Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar/media pembelajaran 1  2  3  4
2. Menghasilkan pesan yang menarik 1  2  3  4
3. Melibatkan siswa dalam pembuatan dan pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran 1  2  3  4
D. Pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa
1. Menumbuhkan partisipasi aktif siswa melalui interaksi guru, siswa, sumber belajar 1  2  3  4
2. Merespon positif  partisipasi siswa 1  2  3  4
3. Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons siswa 1  2  3  4
4. Menunjukkan hubungan antarpribadi yang kondusif 1  2  3  4
5. Menumbuhkan keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar 1  2  3  4
E. Penilaian proses dan hasil belajar
1. Memantau kemajuan belajar 1  2  3  4
2. Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi 1  2  3  4
F. Penggunaan bahasa
1. Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar 1  2  3  4
2. Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar 1  2  3  4
3. Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai 1  2  3  4
IV PENUTUP
1. Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa 1  2  3  4
2. Melaksanakan tindak lanjut  dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan 1  2  3  4
Skor Total IPKG 2

Keterangan:

*) Bila materi pokok tidak terkait dengan kegiatan laboratorium, maka butir ini tidak diberi skor.

Komentar Pengamat  

Pengamat: 

Nama

: ……………………………………………………………………….
Jabatan : ……………………………………………………………………….
Alamat Kantor : ………………………………………………………………………. 

……………………………………………………………………….

Alamat Rumah : ………………………………………………………………………. 

……………………………………………………………………….

……………………, ………………

Pengamat,

……………………………………..

NIP

PENJELASAN IPKG  2

I. PRAPEMBELAJARAN

Indikator I.1 Kesiapan ruang,  alat pembelajaran, dan media
Penjelasan Kesiapan ruang (misal keberadaan, kebersihan, peruntukan/pengaturan perabot),  alat pembelajaran (misal papan tulis, kapur/spidol), dan media (misal pasokan listrik,  OHP, LCD dan kelengkapannya).
Indikator  I.2 Memeriksa kesiapan siswa
Penjelasan Kesiapan siswa, antara lain mencakup kehadiran, kerapian, ketertiban, perlengkapan pembelajaran, kesiapan belajar

II. MEMBUKA PEMBELAJARAN

Indikator  II.1 Melakukan kegiatan apersepsi
Penjelasan Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman siswa atau pembelajaran sebelumnya (termasuk kemampuan prasyarat), mengajukan pertanyaan menantang, menyampaikan manfaat materi pembelajaran, mendemonstrasikan  sesuatu yang terkait dengan materi pembelajaran
Indikator  II.2 Mengkomunikasikan kompetensi yang akan dicapai dan rencana kegiatan
Penjelasan Menyampaikan kemampuan yang akan dicapai dengan bahasa siswa, misalnya dengan mengatakan bahwa setelah pembelajaran  selesai siswa dapat menjelaskan faktor-faktor penyebab gempa bumi. Rencana kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan melakukan observasi

III. KEGIATAN  INTI PEMBELAJARAN

A. Penguasaan materi pembelajaran

Indikator  III.A.1 Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran
Penjelasan Dilihat  dari tingkat kebenaran dan keakuratan substansi (materi, isi) pembelajaran yang dibahas
Indikator  III.A.2 Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan
Penjelasan Menghubungkan materi yang disampaikan dengan bidang studi lain yang relevan. Misalnya, mengaitkan aritmatika (operasi bilangan) dengan IPS (transaksi ekonomi)
Indikator  III.A.3 Mengintegrasikan prinsip-prinsip kerja ilmiah dalam pembelajaran
Penjelasan Prinsip kerja ilmiah  antara lain pengamatan, penyusunan  hipotesis, perencanaan dan pelaksanaan percobaan, analisis data, penarikan simpulan
Indikator  III.A.4 Mengintegrasikan keterampilan dasar laboratorium
Penjelasan Keterampilan dasar laboratorium antara lain merangkai, menggunakan, memodifikasi alat praktikum, dan mengimplementasikan keselamatan kerja

B. Strategi pembelajaran

Indikator  III.B.1 Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai
Penjelasan Pembelajaran sesuai dengan jenis kompetensi. Misalnya, kegiatan untuk penguasaan pengetahuan adalah ceramah dan diskusi, kegiatan untuk penguasaan keterampilan adalah berlatih, dan untuk penguasaan sikap/nilai adalah penghayatan
Indikator  III.B.2 Melaksanakan pembelajaran secara runtut
Penjelasan Metode dan materi dipaparkan secara sistematis,  sesuai dengan sintaks, memperhatikan prasyarat, dan kemampuan berfikir siswa
Indikator  III.B.3 Menguasai kelas
Penjelasan Guru dapat mengendalikan pembelajaran, perhatian siswa terfokus pada pelajaran, disiplin kelas terpelihara
Indikator  III.B.4 Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual
Penjelasan
  • Kontekstual merujuk pada tuntutan situasi dan lingkungan dalam kehidupan sehari-hari
  • Guru mengupayakan agar  materi pelajaran dan kegiatan belajar yang dilakukan oleh siswa memiliki manfaat (nilai fungsional)  dalam kehidupan sehari-hari
Indikator  III.B.5 Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect)
Penjelasan Kebiasaan positif antara lain dapat berbentuk: kerja sama, tanggung jawab, disiplin, berpikir kritis
Indikator  III.B.6 Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
Penjelasan Guru memulai dan mengakhiri tahap-tahap pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu

C. Pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran

Indikator  III.C.1 Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar/media pembelajaran
Penjelasan
  • Terampil  memanfaatkan lingkungan dan sumber belajar lainnya secara efektif dan efisien (mencapai target dan sesuai dengan alokasi waktu yang ditetapkan)
    • Terampil  mengoperasikan media pembelajaran, misal:  mengoperasikan dengan benar dan lancar OHP, tape recorder, chart, peta, LCD
    • Terampil menggunakan alat-alat laboratorium
Indikator  III.C.2 Menghasilkan pesan yang menarik
Penjelasan Media yang digunakan berhasil memusatkan perhatian siswa sehingga pesan dapat ditangkap dengan jelas
Indikator  III.C.3 Melibatkan siswa dalam pembuatan dan pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran
Penjelasan Siswa dilibatkan dalam kegiatan pembuatan dan/atau pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran, yang autentik, termasuk sumber  belajar yang tersedia di perpustakaan misalnya siswa membuat, memodifikasi, mendemonstrasikan, menggunakan, mengelola media

D. Pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa

Indikator  III.D.1 Memfasilitasi terjadinya partisipasi aktif siswa melalui interaksi guru, siswa, sumber belajar
Penjelasan Melakukan kegiatan yang memancing keaktifan siswa baik secara mental, emosional, maupun fisik dengan guru, teman maupun sumber belajar 

Misalnya, membuka kesempatan untuk diskusi kelompok,  meminta siswa lain untuk menanggapi pendapat teman atau mengondisikan siswa memanipulasi sumber (objek) belajar secara langsung

Indikator  III.D.2 Merespons positif  partisipasi siswa
Penjelasan Misalnya memberi pujian, meminta siswa lain untuk menanggapi pendapat teman, dan mengajukan pertanyaan pelacak (probing)
Indikator  III.D.3 Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons siswa
Penjelasan Menghargai pendapat siswa, mengakui kebenaran pendapat siswa, mengakui keterbatasan diri
Indikator  III.D.4 Menunjukkan hubungan antarpribadi yang kondusif
Penjelasan Menunjukkan sikap ramah, luwes, sopan, hangat, menghargai pendapat dan keragaman budaya (multi kultur)
Indikator  III.D.5 Menumbuhkan keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar
Penjelasan Siswa tampak senang dan bersemangat mengikuti pembelajaran

E. Penilaian proses dan hasil belajar

Indikator  III.E.1 Memantau kemajuan belajar
Penjelasan Mengajukan pertanyaan/tugas terkait kompetensi yang akan dicapai, selama proses pembelajaran termasuk asesmen otentik
Indikator  III.E.2 Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi
Penjelasan Mengajukan pertanyaan/tugas terkait kompetensi yang dicapai, pada akhir pembelajaran termasuk asesmen otentik

F. Penggunaan bahasa

Indikator  III.F.1 Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar
Penjelasan Bahasa lisan mudah dipahami dan tidak  menimbulkan penafsiran ganda/salah tafsir
Indikator  III.F.2 Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar
Penjelasan Struktur kalimat, frasa, kosakata, dan ejaan dalam bahasa tulis yang terdapat di papan tulis, di media, di LKS baik dan benar
Indikator  III.F.3 Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai
Penjelasan Ekspresi wajah, intonasi suara, gerakan tubuh sesuai dengan pesan yang disampaikan dan menarik

IV. PENUTUP

Indikator  IV.1 Melakukan refleksi dan/atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa
Penjelasan
  • Mengajak siswa untuk  mengingat kembali hal-hal penting yang terjadi  dalam kegiatan yang sudah berlangsung, misal dengan mengajukan pertanyaan tentang proses, materi, dan kejadian lainnya
  • Memfasilitasi siswa dalam membuat rangkuman,  misalnya dengan mengajukan pertanyaan penuntun agar siswa dapat merumuskan rangkuman yang benar
Indikator  IV.2 Melaksanakan tindak lanjut  dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan
Penjelasan
  • Memberikan kegiatan/tugas khusus bagi siswa yang belum mencapai kompetensi, misalnya dalam bentuk latihan dan atau bantuan belajar
  • Memberikan kegiatan/tugas khusus bagi siswa yang berkemampuan lebih, misalnya dalam bentuk latihan dan atau bantuan belajar, misalnya meminta siswa membimbing temannya (peer tutoring), memberikan tugas-tugas bacaan tambahan,  dan download internet

KOMENTAR PENGAMAT

Berikan komentar tentang:
Hal-hal yang belum terwadahi dalam indikator-indikator instrumen ini, dan kesan umum tentang kualitas pembelajaran yang diamati (kelebihan dan kekurangan).

INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU SD KELAS AWAL
(Kemampuan Melaksanakan Pembelajaran
TEMATIK)
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
2006

NO INDIKATOR/ASPEK YANG DIAMATI SKOR
I PRAPEMBELAJARAN
1. Kesiapan ruang,  alat pembelajaran, dan media 1  2  3  4
2. Memeriksa kesiapan siswa 1  2  3  4
II MEMBUKA PEMBELAJARAN
1. Melakukan kegiatan apersepsi 1  2  3  4
2. Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan rencana kegiatan 1  2  3  4
3. Menyampaikan motivasi 1  2  3  4
III KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN
A. Penguasaan materi pelajaran
1. Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran dari setiap materi mapel yang diintegrasikan 1  2  3  4
2. Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan 1  2  3  4
3. Mengintegrasikan keterampilan-keterampilan dasar pesan mapel dalam pembelajaran 1  2  3  4
1  2  3  4
B. Pendekatan/strategi pembelajaran
1. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai 1  2  3  4
2. Melaksanakan pembelajaran secara runtut sesuai dengan alur indicator 1  2  3  4
3. Melaksanakan pembelajaran tanpa jeda (pergantian antar mata pelajaran tidak Nampak) 1  2  3  4
3. Menguasai kelas 1  2  3  4
4. Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual 1  2  3  4
5. Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect) 1  2  3  4
6 Aktivitas Pembelajaran sesuai dengan tema
7. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan 1  2  3  4
C. Pemanfaatan sumber belajar /media pembelajaran
1. Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar/media pembelajaran 1  2  3  4
2. Media pembelajaran menghasilkan pesan yang menarik 1  2  3  4
3. Melibatkan siswa dalam pembuatan dan pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran 1  2  3  4
D. Pembelajaran Berorientasi PAKEM
1. Menumbuhkan partisipasi aktif siswa melalui interaksi guru, siswa, sumber belajar 1  2  3  4
2. Merespon positif  partisipasi siswa 1  2  3  4
3. Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons siswa 1  2  3  4
4. Menunjukkan hubungan antarpribadi yang kondusif 1  2  3  4
5. Menumbuhkan keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar 1  2  3  4
6. Menumbuhkan kreativitas siswa 1  2  3  4
7. Kegiatan pembelajaran mencapai indikator yang ditetapkan 1  2  3  4
E. Penilaian proses dan hasil belajar
1. Memantau kemajuan belajar 1  2  3  4
2. Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi 1  2  3  4
F. Penggunaan bahasa
1. Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar 1  2  3  4
2. Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar 1  2  3  4
3. Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai 1  2  3  4
IV PENUTUP
1. Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa 1  2  3  4
2. Melaksanakan tindak lanjut  dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan 1  2  3  4
Skor Total

Keterangan:

*) Bila materi pokok tidak terkait dengan kegiatan laboratorium, maka butir ini tidak diberi skor.

Komentar Pengamat: 

Pengamat:
Nama
: ……………………………………………………………………….
Jabatan : ……………………………………………………………………….
Alamat Kantor : ………………………………………………………………………. 

……………………………………………………………………….

Alamat Rumah : ………………………………………………………………………. 

……………………………………………………………………….

……………………, ………………

Pengamat,

……………………………………..

NIP

IPKG 1
INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU
(Kemampuan Merencanakan Pembelajaran)
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
2011

NO. KOMPONEN RENCANA PEMBELAJARAN SKOR
I Perumusan tujuan pembelajaran
1. Kejelasan rumusan 1  2  3  4
2. Kelengkapan cakupan rumusan 1  2  3  4
3. Kesesuaian dengan kompetensi dasar 1  2  3  4
II Pemilihan dan pengorganisasian materi ajar
1. Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran 1  2  3  4
2. Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik 1  2  3  4
3. Keruntutan dan sistematika materi 1  2  3  4
4. Kesesuaian materi dengan alokasi waktu 1  2  3  4
III Pemilihan sumber belajar/media pembelajaran
1. Kesesuaian sumber belajar/media pembelajaran dengan tujuan pembelajaran 1  2  3  4
2. Kesesuaian sumber belajar/media pembelajaran dengan materi pembelajaran 1  2  3  4
3. Kesesuaian sumber belajar/media pembelajaran dengan karakteristik peserta didik 1  2  3  4
IV Metode pembelajaran
1. Kesesuaian strategi dan metode pembelajaran dengan tujuan pembelajaran 1  2  3  4
2. Kesesuaian strategi dan metode pembelajaran dengan materi pembelajaran 1  2  3  4
3. Kesesuaian strategi dan metode pembelajaran dengan karakteristik peserta didik 1  2  3  4
4. Kesesuaian alokasi waktu dengan tahapan pembelajaran 1  2  3  4
V Penilaian hasil belajar
1. Kesesuaian teknik penilaian dengan tujuan pembelajaran 1  2  3  4
2. Kejelasan prosedur penilaian 1  2  3  4
3. Kelengkapan instrumen (soal, kunci jawaban/pedoman pensekoran) 1  2  3  4
SKOR Total IPKG 1

Komentar Pengamat 

Pengamat: 

Nama

: ……………………………………………………………………….
Jabatan : ……………………………………………………………………….
Alamat Kantor : ……………………………………………………………………….
Alamat Rumah : ………………………………………………………………………. 

……………………………………………………………………….

……………………, ………………

Pengamat,

…………………………………….

 

PENJELASAN IPKG  I
I.
PERUMUSAN INDIKATOR KEBERHASILAN BELAJAR

Indikator  I.1 Kejelasan rumusan
Penjelasan Rumusan indikator tidak menimbulkan penafsiran ganda
Indikator  I.2 Kelengkapan cakupan rumusan indikator
Penjelasan Rumusan indikator minimal mengandung komponen peserta didik dan perilaku. Perilaku mencakup kata kerja operasional dan substansi materi
Indikator  I.3 Kejelasan penjenjangan indikator
Penjelasan Indikator diurutkan dari  kompetensi sederhana ke kompleks
Indikator  I.4 Kesesuaian dengan kompetensi dasar
Penjelasan Indikator dijabarkan dari kompetensi dasar

II. PEMILIHAN PENGORGANISASIAN MATERI AJAR

Indikator  II.1 Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran
Penjelasan Materi dipilih berdasarkan tujuan pembelajaran  atau kompetensi yang akan dicapai
Indikator  II.2 Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik
Penjelasan Tingkat keluasan dan kedalaman materi disesuaikan dengan karakteristik peserta didik (termasuk yang  cepat dan lambat, motivasi tinggi dan rendah)
Indikator  II.3 Keruntutan dan sistematika materi
Penjelasan Penataan materi disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran, misalnya hierarkhis, prosedural, spiral
Indikator  II.4 Kesesuaian materi dengan alokasi waktu
Penjelasan Keluasan dan kedalaman materi mungkin dicapai dalam waktu yang disediakan

III. PEMILIHAN SUMBER BELAJAR/MEDIA PEMBELAJARAN

Sumber belajar dapat berupa orang, perpustakaan,  lingkungan; sedangkan media merupakan bagian sumber belajar yang dirancang secara khusus
Indikator  III.1 Kesesuaian sumber belajar/media pembelajaran dengan tujuan pembelajaran
Penjelasan Sumber belajar/media pembelajaran yang dipilih dapat dipakai untuk mencapai tujuan/kompetensi yang ingin dicapai, misal buku, modul untuk kompetensi kognitif; media audio visual  untuk kompetensi keterampilan
Indikator  III.2 Kesesuaian sumber belajar/media pembelajaran dengan materi pembelajaran
Penjelasan Sumber belajar/media pembelajaran yang dipilih dapat memudahkan pemahaman peserta didik, misalnya lidi/sempoa digunakan untuk operasi hitung (matematika), lampu senter, globe, dan bola untuk mengilustrasikan proses terjadinya gerhana
Indikator  III.3 Kesesuaian sumber belajar/media pembelajaran dengan karakteristik peserta didik
Penjelasan Sumber belajar/media pembelajaran yang dipilih  sesuai dengan tingkat  perkembangan kognitif, karakteristik afektif, dan keterampilan motorik  peserta didik

IV. METODE PEMBELAJARAN

Indikator  IV.1 Kesesuaian strategi dan metode pembelajaran dengan tujuan pembelajaran
Penjelasan Stretegi, pendekatan, dan metode pembelajaran relevan dipakai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai /kompetensi harus dikuasai peserta didik
Indikator  IV.2 Kesesuaian strategi dan metode pembelajaran dengan materi pembelajaran
Penjelasan Strategi dan metode pembelajaran yang dipilih dapat memudahkan pemahaman peserta didik
Indikator  IV.3 Kesesuaian strategi dan metode pembelajaran dengan karakteristik peserta didik
Penjelasan Strategi dan metode pembelajaran yang dipilih  sesuai dengan tingkat  perkembangan kognitif, karakteristik afektif, dan keterampilan motorik  peserta didik
Indikator  IV.4 Kesesuaian alokasi waktu dengan tahapan pembelajaran
Penjelasan Setiap tahapan pembelajaran diberi alokasi waktu secara proporsional (lebih kurang pembukaan: 5-10%, inti: 70-80%, penutup: 10-15%)

V. PENILAIAN

Indikator  V.1 Kesesuaian teknik penilaian dengan tujuan pembelajaran
Penjelasan Misal: tes tulis untuk mengukur penguasaan pengetahuan, tes kinerja untuk mengukur penampilan, dan skala sikap untuk mengukur sikap
Indikator  V.2 Kejelasan prosedur penilaian
Penjelasan Tampak jelas dideskripsikan prosedur penilaian awal, proses, dan akhir, mencakup metode (tes dan nontes)
Indikator  V.3 Kelengkapan instrumen (soal, rubrik, kunci jawaban)
Penjelasan Tampak jelas kelengkapan instrumen yang digunakan, misalnya terdapat soal yang dilengkapi kunci jawaban, teknik penskoran, dan atau rubrik

KOMENTAR PENGAMAT

Berikan komentar tentang:
Hal-hal yang belum terwadahi dalam indikator-indikator instrumen ini, dan kesan umum tentang kualitas pembelajaran yang diamati (kelebihan dan kekurangan).

Tentang sobaria

hidup adalah perjuangan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s