FKKG, APAKAH ITU ?


FKKG

1.   Pengertian

FKKG adalah kegiatan pertemuan para guru di SD di tingkat kabupaten sebagai perwakilan KKG. Setiap KKG diwakili oleh 2 (dua) orang guru yang merupakan perwakilan guru kelas rendah dan guru kelas tinggi.

2.   Tujuan

Tujuan FKKG merupakan wadah bagi guru peserta FKKG untuk membangun jejaring (network), koordinasi, membahas masalah dan merumuskan solusi, melakukan refleksi dan apresiasi, serta rencana perbaikan penyelenggaraan kegiatan KKG.

3.    Kegiatan FKKG dalam Program Bermutu

Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam FKKG adalah sebagai berikut.

1)    Pertemuan koordinasi

Peserta dari pertemuan koordinasi ini adalah wakil-wakil dari masing-masing KKG. Setiap KKG mewakilkan 2 (dua) orang guru anggotanya untuk hadir di kegiatan FKKG. Pertemuan koordinasi dilaksanakan 2 (dua) kali dalam satu tahun ajaran. Agenda dalam pertemuan koordinasi adalah membahas masalah, merumuskan solusi, refleksi, apresiasi, dan diseminasi hasil KKG.

2)  On-service

Melaksanakan kegiatan kunjungan ke masing-masing KKG yang dilaksanakan 8 (delapan) kali kunjungan per tahun yang diwakili oleh 2 (dua) orang anggota Forum KKG secara bergantian yang ditunjuk oleh ketua atas kesepakatan anggotanya. Sasaran kunjungan adalah 2 (dua) kelompok (kelas rendah dan kelas tinggi) per kunjungan. Maksud dari kunjungan ini adalah melakukan observasi kegiatan KKG, mengevaluasi kekuatan dan kelemahan kegiatan KKG, serta pemberian rekomendasi bagi KKG yang dikunjungi.

3)     Mengkaji hasil KKG dan memilih 3 (tiga) karya terbaik di dalam kegiatan KKG

dan memberi rekomendasi untuk penyempurnaan. Selanjutnya karya tersebut dikirim ke KKKS, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan jika ada ke forum/simposium/ workshop guru di tingkat provinsi.

4)   Pengembangan dan pencetakan buletin

Buletin merupakan kumpulan tulisan hasil kegiatan, evaluasi, pengalaman menarik, dan lain-lain kegiatan yang sifatnya peningkatan kompetensi guru di KKG dan FKKG yang didistribusikan ke masing-masing KKG sebanyak 2 (dua) eksemplar per KKG. Buletin diterbitkan 2 (dua) kali dalam satu tahun.

4.   Hasil yang diharapkan

 

Diharapkan melalui program bermutu, FKKG dapat:

  • terselenggaranya rapat koordinasi minimal sebanyak 2 (dua) kali dalam 1 (satu) tahun dan membuat laporan kegiatan hasil rapat koordinasi sebanyak 2 (dua) rangkap

  • terselenggaranya kegiatan observasi dan evaluasi KKG oleh anggota FKKG melalui kegiatan on service dan membuat laporan tertulis hasil observasi dan evaluasi sebanyak 2 (dua) rangkap;

  • terseleksinya 3 (tiga) hasil kegiatan terbaik dari KKG peserta yang didasarkan pada hasil kajian terhadap semua laporan hasil kegiatan yang disampaikan oleh masing-masing KKG peserta, minimal 3 (tiga) hasil kegiatan terbaik

  • tersusunnya laporan kegiatan on-service dan rekomendasi, yang dibuat oleh fasilitator sebanyak 4 (empat) rangkap;

  • tersusunnya strategi implementasi pemecahan masalah dan rencana pembelajaran 1 (satu) tahun dari masing-masing KKG sebagai anggota FKKG

  • diterbitkannya buletin sebanyak 2 (dua) kali dalam setiap tahun ajaran. Pada setiap penerbitan, masing-masing sekolah anggota KKG mendapatkan 2 (dua) eksemplar.

5.    Program Koordinasi KKG Cluster

a.     Koordinasi Pengurus

1.      Perencanaan Jadwal in dan on service

2.      Penegasan Jadwal Monev

3.      Penegasan Tagihan Produk

4.       Pembinaan Administrasi

5.      Sosialisasi DCT

b.     Koordinasi Pemandu

1.    Pemetaan kelompok Pemandu

2.    Jadwal Pembinaan Pemandu

6.             Jadwal In dan On Service

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

Tentang sobaria

hidup adalah perjuangan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s