contoh instrumen evadir


CONTOH INSTRUMEN EVALUASI DIRI ANGGOTA KKG/MGMP*)

A. IDENTITAS RESPONDEN:

1. Nama Responden : …………………………………………………….
2. Alamat Sekolah : …………………………………………………….
………………………………………………….
………………………………………………….
Kode Pos ………..…
No.Tlp …………..…. Fax ………………..
E-mail ………………………………………….
3. Nama KKG/MGMP : ……………………………………………….
4. Alamat KKG/MGMP : ………………………………………………….…
……………….. Kode Pos …………..…
No.Tlp ……………. Fax ………………..
E-mail ………………………………………….
4. Kedudukan KKG/MGMP
a) Kecamatan : ………………………..
b) Kabupaten/Kota : ……………………….
c) Provinsi : ……………………….

B. INSTRUMEN:
Petunjuk:
1. Berilah tanda (V) pada kotak di depan jawaban sesuai dengan pendapat Bapak/Ibu/Saudara, atau isilah titik-titik yang disediakan.
2. Pilihlah salah satu jawaban/pernyataan yang sesuai dengan keanggotaan Bapak/Ibu/Saudara.
3. Bapak/Ibu/Saudara dimungkinkan untuk memberikan jawaban lebih dari 1 (satu) apabila diperlukan.

No. PERTANYAAN/PERNYATAAN JAWABAN/TANGGAPAN
I. PENGEMBANGAN DIRI
1 Menurut Saya, program dan kegiatan KKG/MGMP di tempat Saya secara umum ….  Meningkatkan profesionalitas seluruh guru
 Sesuai dengan kebutuhan sebagian besar guru.
 Sesuai dengan kompetensi profesional dan pedagogis guru.
 ………………………..
2 Menurut Saya, program dan kegiatan KKG/MGMP di tempat Saya secara khusus ….  Meningkatkan profesionalitas diri saya sebagai guru
 Sesuai dengan sebagian besar kebutuhan saya sebagai guru.
 Sesuai dengan tuntutan kompetensi profesional dan pedagogis saya sebagai guru.
 Tidak sesuai dengan kebutuhan saya
 …
3. Menurut Saya, program yang sangat Saya perlukan untuk pengembangan diri Saya adalah …. (Beri nomor peringkat dimulai dari yang paling diperlukan pada tanda (…))
.  Penyusunan KTSP dan Silabus (…)
 Penyusunan bahan ajar (…)
 Penyusunan perangkat penilaian (…)
 Pembahasan Penelitian Tindakan Kelas (…)
 Analisis Materi Sukar (…)
 Analisis Butir Soal (…)
 Pelatihan TIK (…)
 Pelatihan Bahasa Inggris (…)
 Penulisan Karya Tulis Ilmiah (…)
 …..
4. Di KKG/MGMP Saya, program/kegiatan yang paling sering dilakukan berkaitan dengan pencapaian kompetensi …..  Pedagogis
 Kepribadian
 Sosial
 Profesional
 Pedagogis dan Profesional
 …..
5 Di KKG/MGMP Saya, program / kegiatan yang paling jarang bahkan tidak pernah dilakukan berkaitan dengan pencapaian kompetensi …..  Pedagogis
 Kepribadian
 Sosial
 Profesional
 Pedagogis dan Profesional
 …..

6 Untuk pengembangan diri Saya sebagai guru, sebenarnya Saya menginginkan agar pertemuan di KKG/MGMP adalah …..  Seminggu sekali
 Seminggu dua kali
 Dua minggu sekali
 Sebulan sekali
 Dua bulan sekali
 Sekali dalam satu semester
 Setahun sekali
 …………………..
7. Dalam pelaksanaannya, kegiatan KKG / MGMP di tempat Saya dilakukan ….  Seminggu sekali
 Seminggu dua kali
 Dua minggu sekali
 Sebulan sekali
 Dua bulan sekali
 Sekali dalam satu semester
 Setahun sekali
 …………………..
8 Dalam kegiatan KKG / MGMP, yang paling sering membimbing Saya adalah ….  Pengawas Sekolah
 Salah satu Kepala Sekolah dari anggota KKG/MGMP
 Guru yang dijadikan Instruktur
 Widyaiswara P4TK
 Widyaiswara LPMP
 Dosen perguruan tinggi
 Pejabat Dinas Pendidikan Provinsi
 Pejabat Dinas Pendidikan Kab / Kota
 Pejabat Pusat
 …..
9. Dalam kegiatan KKG / MGMP, Saya paling suka jika dibimbing / difasilitasi oleh ….  Pengawas Sekolah
 Salah satu Kepala Sekolah dari anggota KKG/MGMP
 Guru yang dijadikan Instruktur
 Widyaiswara P4TK
 Widyaiswara LPMP
 Dosen perguruan tinggi
 Pejabat Dinas Pendidikan Provinsi
 Pejabat Dinas Pendidikan Kab/ Kota
 Pejabat Pusat
 …..

 II. MANAJEMEN KKG/MGMP
10 Yang menyusun/merancang program kerja KKG/MGMP adalah ….  Ketua KKG
 Pengurus KKG
 Anggota KKG
 Kepala Sekolah
 Pengawas Sekolah
 Dinas Pendidikan Kab/Kota
 KKKS
 KKPS
11 Kepemilikan rekening pada KKG /MGMP di daerah Saya adalah ….  Atas nama sekolah inti
 Atas nama ketua KKG/MGMP
 Atas nama kepala sekolah Inti
 Atas nama Bendahara KKG/MGMP
 Tidak ada
12 Keberadaan rencana kerja KKG/MGMP tempat Saya ….  Ada, rencana tahunan
 Ada, rencana semesteran
 Lainnya ………………………
 Tidak ada
13 Yang membuat rencana anggaran belanja KKG / MGMP adalah ….  Seluruh anggota KKG/MGMP
 Ketua dan bendahara KKG/ MGMP
 Pengurus KKG/MGMP
 K3S/Forum Kepala Sekolah
 Lainnya …………………………….
14 Tiga pihak yang paling berpengaruh dalam hal penggunaan dana adalah ….  Guru peserta KKG/MGMP
 Bendahara KKG/MGMP
 Ketua KKG/MGMP
 UPTD Dinas Pendidikan
 Dinas Pendidikan Kab/Kota
 Dinas Pendidikan Provinsi
 Lainnya ……………………………..
15 Anggaran yang dihabiskan pada kegiatan KKG/MGMP per semester pada tahun lalu adalah ….  15 juta ( ……………………… )
16 Jumlah dana ideal per tahun yang dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan KKG /MGMP yang efektif menurut Saya adalah….  15 juta ( ……………………… )
17 Sumber dana untuk kegiatan KKG/MGMP tahun yang lalu berasal dari ….  Pemerintah Pusat/LPMP
 Dinas Pend. Provinsi
 Dinas Pend. Kab/Kota
 Sekolah.
 Masyarakat/Dunia Usaha/Industri.
 Komite Sekolah.
 Dewan Pendidikan.
 Lainnya, …………………………
 III. PELAKSANAAN KEGIATAN KKG/MGMP
18 Kegiatan KKG /MGMP pada semester ini dimulai pada bulan …..  Maret  Juli
 April  Agustus
 Mei  September
 Juni  Lainnya …………..
19 Jarak tempuh dengan menggunakan kendaraan umum dari sekolah terjauh ke tempat kegiatan KKG/MGMP yaitu ….  120 menit
20 Kewajiban Saya untuk menghadiri kegiatan KKG/MGMP adalah ….  Wajib untuk semua kegiatan
 Bergantian dengan guru lain
 Tidak wajib/sukarela
 Lainnya, …………………………..
21 Pemberi tugas untuk hadir pada pertemuan KKG /MGMP adalah ….  Kepala Dinas Pendidikan
 Kepala sekolah
 Pengawas.
 Lainnya………………………………
22 Sanksi jika Saya tidak hadir pada pertemuan KKG/MGMP adalah ….  Mendapat teguran dari Kepala Sekolah
 Mendapat teguran dari Pengawas Sekolah
 Mendapat hukuman penundaan kenaikan pangkat
 Tidak ada sanksi apapun
 Lainnya ………………………………
23 Durasi waktu setiap pertemuan di KKG/ MGMP adalah ….  5 jam
24 Pertemuan di sekolah inti berlangsung pada hari ….  Senin  Selasa
 Rabu  Kamis
 Jumat  Sabtu
 Minggu  Bergant-ganti

25 Jumlah kunjungan yang dilakukan LPMP ke sekolah inti pada tahun terakhir adalah ….  Tidak pernah
 1-2 kali
 3-4 kali
 > 4 kali
26 Jadwal pertemuan KKG/MGMP ditentukan oleh….  Ketua KKG/MGMP
 Pengurus KKG/MGMP
 Anggota KKG/MGMP
 Kepala Sekolah.
 Pengawas Sekolah.
27 Yang Saya kerjakan sebelum hadir pada pertemuan KKG/MGMP adalah ….  Mengidetifikasi masalah pembelajaran
 Mengidentifikasi materi yang sulit dipahami
 Menyiapkan bahan presentasi
 Mengidentifikasi pengembangan diri
 Menyiapkan bahan pengalaman
 Persiapan lainnya
28 Kegiatan yang dilaksanakan dalam kegiatan KKG/MGMP pada umumnya bertujuan untuk meningkatkan … (Berikan nomor mulai dari yang paling sering dilakukan pada tanda (…)  Kompetensi pedagogik (…)
 Kompetensi kepribadian (…)
 Kompetensi sosial (…)
 Kompetensi profesional (…)
 Lainnya, ……………………….
29 Bentuk kegiatan yang sering dilaksanakan dalam kegiatan KKG/MGMP adalah …. (Beri nomor mulai dari yang paling sering dilakukan pada tanda (…)  Diskusi (…)
 Diklat (…)
 Lokakarya (…)
 Seminar (…)
 Ceramah (…)
 Rapat kerja (…)
 Lainnya, ……………………….
30 Relevansi topik yang dibahas dengan kebutuhan guru adalah ….  Sangat relevan
 Relevan
 Cukup relevan
 Tidak relevan
31 Relevansi topik yang dibahas dengan tugas guru adalah ….  Sangat relevan
 Relevan
 Cukup relevan
 Tidak relevan
32 Menurut Saya, kendala utama pada kegiatan KKG/MGMP adalah ….  Tidak tersedianya biaya
 Tidak adanya nara sumber yang bermutu
 Program tidak jelas
 Tidak ada pembinaan dari ………….
 Lainnya ……………………………..
33 Penghargaan yang Saya terima atas partisipasi dalam kegiatan KKG/MGMP adalah ….  Uang transport.
 Sertifikat
 Piagam penghargaan.
 Kesempatan studi lanjut.
 Lainnya, …………………………..
34 Menurut Saya, mengikuti kegiatan KKG/MGMP ….  Sangat bermanfaat untuk meningkatkan profesionalitas guru
 Dapat menemukan pemecahan masalah dalam pembelajaran
 Merupakan keterpaksaan saja
 Membosankan
 Membuang-buang waktu saja
35 Menurut Saya, manfaat hasil pertemuan KKG/MGMP untuk menunjang keberhasilan pembelajaran terjadi dalam hal ….  Penyiapan rencana pembelajaran
 Penyiapan materi pembelajran
 Mengelola kelas
 Memberikan tugas
 Memberikan umpan balik
 Melakukan evaluasi
 Lainnya ……………………………..
36 Menurut Saya, kapasitas guru peserta KKG / MGMP adalah ….  Sangat tidak memadai
 Tidak memadai
 Kurang memadai
 Memadai
 Sangat memadai
IV. IMPLEMENTASI HASIL KKG/MGMP
37 Hasil kegiatan pertemuan KKG/MGMP bisa diimplementasikan di kelas Saya  Ya
 Tidak

38 Setelah menghadiri pertemuan di KKG / MGMP, ketika Saya menerapkan hasil pertemuan tersebut, dilakukan kunjungan supervisi oleh …. (boleh lebih dari satu jawaban, urutkan menurut kekerapannya)  Kepala sekolah ( … )
 Pengawas ( … )
 Antarteman guru ( … )
 Tidak ada ( … )
 Lainnya, …………………………… ( … )
39 Kegiatan yang biasanya dilakukan di sekolah setelah guru menghadiri pertemuan tersebut. (boleh lebih dari satu jawaban, urutkan menurut kekerapannya)  Membuat laporan hasil pertemuan ( . )
 Mensosialisaikan hasil pertemuan kepada teman yang terkait ( … )
 Memajang hasil pertemuan di ruang guru ( … )
 Tidak ada ( … )
 Lainnya, ………………………… ( … )
40 Menurut Saya, manfaat hasil pertemuan KKG /MGMP untuk menunjang keberhasilan pembelajaran adalah dalam hal … (boleh lebih dari satu jawaban, urutkan menurut kekerapannya)  Penyiapan rencana pembelajaran (..)
 Penyiapan materi pembelajaran (..)
 Mengelola kelas ( … )
 Memberikan tugas ( … )
 Memberikan umpan balik ( … )
 Melakukan evaluasi ( … )
 Lainnya , …………………… ( … )
41 Secara umum kontribusi keiikutsertaan guru dalam pertemuan KKG / MGMP terhadap suasana pembelajaran di kelas adalah ….(boleh lebih dari satu jawaban, urutkan menurut kekerapannya)  Suasana kelas lebih aktif ( … )
 Prestasi siswa meningkat ( … )
 Tidak ada bedanya ( … )
 Lebih buruk dari biasanya ( … )
 Lainnya, ………………………. ( … )
42 Secara umum kontribusi keiikutsertaan guru dalam pertemuan KKG /MGMP terhadap pengembangan profesional guru adalah …. (boleh lebih dari satu jawaban, urutkan menurut kekerapannya)  Memacu guru mencari materi/ sumber lain ( … )
 Meningkatkan kemampuan guru dalam meneliti ( … )
 Memacu guru untuk menulis ( … )
 Memacu guru untuk bertanya kepada guru lainnya ( … )
 Tidak ada bedanya ( … )
 Lebih buruk dari biasanya ( … )
 Lainnya, ………………………….. ( … )
43 Bila ada kekurangpahaman dalam mengimplementasikan hasil pertemuan KKG/MGMP biasanya Saya bertanya kepada …. (boleh lebih dari satu jawaban, urutkan menurut kekerapannya)  Kepala sekolah ( … )
 Teman guru ( … )
 Pengawas ( … )
 Guru inti/instruktur ( … )
 Lainnya, ……………………… ( … )
 Tidak bertanya pada siapapun ( … )
44 Tiga yang menurut Saya menghambat implementasi hasil pertemuan KKG / MGMP adalah …. (boleh lebih dari satu jawaban, urutkan menurut kekerapannya)  Keuangan ( … )
 Pembimbingan ( … )
 Tidak ada dorongan dari Kepala Sekolah ( … )
 Kekurangpahaman guru terhadap materi pertemuan KKG/MGMP ( .. )
 Merasa kurang perlu mengimplementasikan ( … )
 Terlalu banyak tugas lainnya dari sekolah ( … )
 Lainnya, …………………………… ( … )
V. SARANA DAN PRASARANA KKG / MGMP
45 Sumber belajar yang tersedia di KKG/MGMP adalah ….  Perpustakaan
 Laboratorium
 Ruang multimedia
 Lainnya, ………………………….
 Tidak tersedia
46 Fasilitas Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang tersedia di KKG/ MGMP adalah ….  Komputer
 Jaringan internet.
 Telepon.
 Facsimile
 Printer
 Lainnya, ………………………….
 Tidak tersedia
VI. MONITORING, EVALUASI, DAN PELAPORAN KKG / MGMP
47 Monitoring dan evaluasi pada setiap pelaksanaan kegiatan KKG / MGMP ….  Selalu dilakukan
 Kadang-kadang
 Tidak pernah dilakukan
48 Monitoring dan evaluasi dilakukan oleh ….  Pengawas
 Kepala Sekolah
 Tutor/ guru Inti/ Pemandu
 Pejabat Dinas Pendidikan Kab/ Kota.
 Widyaiswara LPMP
 Widyaiswara P4TK
 ……………………..
49 Frekuensi kunjungan pejabat dinas pendidikan kabupaten/kota ke KKG /MGMP tahun yang lalu adalah ….  Tidak pernah
 1-2 kali
 3-4 kali
 > 4 kali
50 Frekuensi kunjungan pejabat LPMP/ widyaiswara LPMP ke KKG /MGMP tahun yang lalu adalah ….  Tidak pernah
 1-2 kali
 3-4 kali
 > 4 kali
51 Jumlah kunjungan yang dilakukan LPMP ke sekolah inti pada tahun terakhir adalah ….  Tidak pernah
 1-2 kali
 3-4 kali
 > 4 kali
52 Laporan hasil kegiatan KKG/MGMP dilaksanakan setiap ….  Akhir kegiatan KKG/MGMP
 Bulan
 Semester
 Tahun
 Tidak pernah membuat laporan
53 Laporan hasil kegiatan KKG /MGMP didokumentasi dalam bentuk ….  Print out (hard copy)
 Compact Disk (CD/soft copy).
 Situs web/Internet.
 Hard disk komputer.
 Foto-foto kegiatan.
 Lainnya, yaitu:…………………
54 Setahu Saya, Laporan Penyelenggaraan KKG/ MGMP dikirimkan kepada ….  Depdiknas, Ditjen PMPTK
 P4TK
 LPMP
 Dinas Pendidikan Provinsi
 Dinas Pendidikan Kab/Kota
 Semua Pengurus KKG/MGMP
 Seluruh Anggota KKG/MGMP
 Komite Sekolah
 Kepala Sekolah
 Dewan Pendidikan
 Lainnya, ……………………………
55 Setahu Saya, Laporan keuangan KKG/ MGMP dikirimkan kepada ….  Depdiknas, Ditjen PMPTK
 P4TK
 LPMP
 Dinas Pendidikan Provinsi
 Dinas Pendidikan Kab/Kota
 Semua Pengurus KKG/MGMP
 Seluruh Anggota KKG/MGMP
 Komite Sekolah
 Kepala Sekolah
 Dewan Pendidikan
 Lainnya, ……………………………

56. Permasalahan yang sering muncul dalam pelaksanaan kegiatan KKG/MGMP: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

57. Upaya kelompok untuk perbaikan:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

58. Saran untuk peningkatan KKG/MGMP ke depan: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

…………………………, …………….
Responden,

……………….………………….

Tentang FORUM KKG II SUMEDANG

Hidup di dunia hanya sekali, maka hiasilah dengan hal-hal yang berarti!
Tulisan ini dipublikasikan di Pendidikan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s